Senin, 15 Agustus 2016

JELANG PILKADES "MENJAGA UKHUWWAH MENCEGAH MASALAH"

-->
MENJAGA UKHUWWAH MENCEGAH MASALAH
Di setiap kehidupan ini pasti akan selalu menemui konflik baik konflik individu dengan individu maupun individu dengan kelompok bahkan kelompok dengan kelompok, hal yang sama juga akan terjadi dengan kehidupan bermasyarakat, karena di setiap kehidupannya akan selalu bersinggungan dengan kehidupan masyarakat karena memang manusia adalah Human Sociaty manusia sosial yang antara satu dengan yang lainya akan selalu bergantung tidak akan bisa hidup sendiri sendiri.
Perselisiahan antar satu dengan yang lainnya sering muncul bersamaan dengan peristiwa pemilihan, seperti pemilihan presiden, pemilihan kepala daerah bahkan PEMILIHAN KEPALA DESA, untuk yang satu inilah penulis akan mencoba mengkajinya pada tulisan kali ini.
Pemilihan Kepala Desa Poncoharjo yang akan berlangsung beberapa bulan ke depan berpotensi menimbulkan konflik sosial, seperti antar saudara akan saling tidak menyapa bahkan bisa terjadi ‘konflik otot’.
Jika menilik dari ayat Al Qur’an yang agung kita akan menemui ayat yang menjelaskan tentang manusia akan berkonflik antar satu dengan yang lainnya seperti ayat:
لو انفقت ما فى الأرض جميعا ما ألفت بين قلوبهم ولكن الله ألف بينهم...Al Anfal 63)    


وقلنا اهبطوا بعضكم لبعض عدوّ...(البقرة 36)
Namun demikian kita sesama muslim adalah bersaudara...

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ  (Al Hujurat:10)
Untuk itulah konflik sosial akan ada namun demikian kita harus mencoba untuk terus menjadikan ukhuwah islamiah ini terus terjalin sehingga ketenangan masyarakat bisa terus berlangsung.
Dari hal diatas kita jangan sampai terperdaya dengan adanya pemilihan kepala desa sehingga kita terjerumus ke dalam perselisihan dengan sesama hanya karena tipu daya kandidat, memilih adalah pilihan, siapapun tidak bisa mengintervensi kita untuk memilih yang bukan pilihan kita. Untuk itulah pilihlah pilihan yang kita suka dan acuhkanlah siapapun yang akan menjadikan kita berselisih dengan saudara hanya karena jabatan orang lain siapapun kita baik sebagai masyarakat biasa ataupun sebagai agamawan, mari kita jaga persatuan kita acuhkan perselisihan.
Akkhirnya kita berdo’a semoga pemilihan kepala desa kali ini akan menjadikan kita lebih dewasa dalam memilih tidak berkonflik serta pesta demokrasi ala wong deso ini berjalan dengan damai tanpa konflik sesama amin...
Wallahu A'lam

0 komentar:

Posting Komentar